• Email:
      rsbanyumanik@gmail.com   

    Fax :
      (024) 7462181

    Informasi :
      (024) 7471519

 

Laporan Capaian Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Periode Oktober – Desember Tahun 2017

Kepuasan pelanggan adalah tingkat keadaan perasaan seseorang yang merupakan hasil perbandingan antara penilaian kinerja/ hasil akhir produk dalam hubungannya dengan harapan pelanggan. (Kotler & Keller, 2013). Jadi kepuasan atau ketidakpuasan adalah kesimpulan dari interaksi antara harapan dan pengalaman sesudah memakai jasa atau pelayanan yang diberikan.
Aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pada pasien adalah sebagai berikut :
a. Sikap pendekatan petugas pada pasien
b. Kualitas perawatan yang diterima oleh pasien
c. Prosedur administrasi
d. Fasilitas-fasilitas yang disediakan rumah sakit.
Didalam profil indikator yang telah ditetapkan definisi operasional kepuasan pasien rawat inap adalah kepuasan pasien/ penunggu pasien di Rumah Sakit Banyumnaik Semarang selama dirawat di Rumah Sakit Banyumnaik Semarang. Tujuannya adalah tergambarnya kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di rumah sakit. Pencatatan dan pelaporan indikator dilakukan tiap bulan dengan periode analisis tiap 3 bulan. Numerator yang diukur adalah Jumlah kumulatif pasien/ penunggu pasien rawat inap yang puas dalam satu bulan, sedangkan yang menjadi denominator adalah Jumlah seluruh pasien rawat inap dalam bulan tersebut. Data diambil dengan cara observasi langsung. Dengan target capain yang digunakan ≥90%. Berikut adalah data capaian indikator kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Banyumnaik Semarang.

kepuasan

ANALISA:
Dari grafik terlihat bahwa hasil capaian indikator kepuasan pasien rawat inap periode Oktober – Desember 2017 di Rumah Sakit Banyumnaik Semarang telah sesuai dengan target yang ditetapkan RS dan SPM (Standar Pelayanan Minimal) yaitu ≥ 90%. Tentunya upaya-upaya perbaikan dilakukan secara terus menerus sehingga pada bulan berikutnya pencapaian dapat terus sesuai terget, antara lain:
a. Meningkatkan sikap pendekatan petugas pada pasien
b. Menyediakan Sumber Daya Manusia yang religius dan profesional sesuai misi Rumah Sakit Banyumnaik Semarang, dengan cara meningkatkan ilmu pengetahuan dalam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
e. Menjaga kualitas perawatan yang diterima oleh pasien
f. Pelayanan administrasi di Rumah Sakit Banyumnaik Semarang tidak membedakan latar belakang pasien. Semua pasien diperlakukan sama baik pasien asuransi maupun pasien umum.
c. Menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan pasien selama berada di lingkungan Rumah Sakit Banyumnaik Semarang.